Senin, 05 Juli 2010

Zulkifli Zaini Lanjutkan Program Tranformasi di Bank Mandiri

Zulkifli Zaini Lanjutkan Program Tranformasi di Bank Mandiri

JAKARTA, DETIKPOS.net – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Mandiri memutuskan untuk mengangkat Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama menggantikan Agus Martowardojo yang mengundurkan diri karena dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Keuangan pada 20 Mei 2010 yang lalu.

“Bank Mandiri akan terus melanjutkan program transformasi yang telah dicanangkan sebelumnya, untuk menjadi salah satu bank terdepan di Asia Tenggara pada tahun 2014 dan salah satu top 3 bank pada akhir 2020,” ujar Zulkifli Zaini usai penutupan RUPSLB tersebut, seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima okezone, di Jakarta, Senin (5/7/2010).

Pemegang saham juga memutuskan untuk mengangkat Krisna Wijaya sebagai Komisaris Independen. Pengangkatan Krisna Wijaya akan memperkuat Bank Mandiri dan sejalan dengan rencana untuk meningkatkan pembiayaan ritel, khususnya mikro dan UKM. Penambahan jumlah komisaris tersebut tentunya konsisten dengan komitmen pada penerapan good governance Bank Mandiri selama ini. Pada tahun 2010, Bank Mandiri memperoleh penghargaan Corporate Governance Asia Recognition Awards 2010 dalam penerapan good governance.

Untuk jajaran Direksi, pemegang saham memutuskan untuk mengangkat Kresno Sediarsi sebagai Direktur Bank Mandiri. Dengan penetapan jajaran pengurus tersebut, maka susunan pengurus perseroan menjadi sebagai berikut, Edwin Gerungan (Komisaris Utama/Komisaris Independen), Muchayat (Wakil Komisaris Utama), Mahmuddin Yasin (Komisaris), Cahyana Ahmadjayadi (Komisaris), Gunarni Soeworo (Komisaris Independen), Pradjoto (Komisaris Independen), dan Krisna Wijaya (Komisaris Independen). Adapun susunan Direksi Bank Mandiri adalah Zulkifli Zaini (Direktur Utama), Riswinandi (Wakil Direktur Utama) serta Abdul Rachman, Sentot A Sentausa, Thomas Arifin, Budi G. Sadikin, Ogi Prastomiyono, Pahala N. Mansury, Sunarso, Fransisca N. Mok dan Kresno Sediarsi.

Lebih lanjut, Zulkifli Zaini, Direktur Utama Bank Mandiri mengatakan bahwa Bank Mandiri selain berkomitmen untuk melanjutkan transformasi, juga bersiap untuk terus tumbuh bersama Indonesia. Sampai dengan akhir Juni 2010, total kredit yang disalurkan tumbuh diatas 18%, atau mengalami akselerasi dalam pertumbuhan dibandingkan dengan pertumbuhan di tahun 2009 dan triwulan pertama tahun 2010 yang lalu. “Kami berharap bahwa upaya kami untuk terus bertransformasi menjadi lembaga keuangan yang terpandang dan selalu progresif serta untuk tumbuh bersama-sama Indonesia mendapatkan dukungan dari seluruh stakeholder kami,” ujar Zulkifli Zaini.

Untuk merealisasi keinginan terus tumbuh dan meningkatkan akses perbankan kepada masyarakat luas Bank Mandiri akan menambah 60 kantor cabang, 200 unit outlet mikro dan 300 unit outlet sales di tahun 2010 selain meningkatkan jumlah ATM sebanyak 1.500 unit dan melakukan modernisasi pada 1.000 ATM.

“Setiap bulannya saat ini kami menambah nasabah UMKM rata-rata sebanyak 25 ribu nasabah sebagai bentuk konkret peran intermediasi bagi masyarakat,” ujar Zulkifli Zaini menutup pertemuan. [oz/ris]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post