Senin, 05 Juli 2010

Surena-2 Robot Humanoid buatan Iran

Surena-2 Robot Humanoid buatan Iran

Spoiler for pembukaan:

Quote:
Iran kembali mengejutkan dunia,terutama barat,yang dulu sudah terkaget-kaget dengan teknologi Iran yang mampu membuat reaktor dan bahkan misil Nuklir.
baru-baru ini dunia kembali di kagetkan dengan peluncuran robot humanoid Surena-2 (Soorena-2)




Quote:




Jakarta - Inilah robot humanoid terbaru hasil garapan Iran. Soorena 2 demikian nama robot tersebut merupakan robot humanoid kedua yang dibuat Iran.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad secara khusus meluncurkan robot seberat 45 kg dan tinggi 1,45 meter dalam sebuah perhelatan teknologi bertajuk "Day of Industry and Mine".

Dikutip detikINET dari AFP, Senin (5/6/2010), Soorena 2 dirancang oleh 20 orang pakar robotik dari Universitas Teheran. Robot ini diklaim dapat menggantikan manusia dalam melaksanakan berbagai tugas yang cukup sulit dalam situasi yang berbeda.

Sama seperti manusia, robot ini pun mampu berjalan dengan menyinkronkan gerakan kaki dan tangan. Tak hanya itu, dengan kemampuan 12 gerakan di kaki, delapan gerakan di tangan dan dua gerakan di kepala, robot humanoid ini bisa mengerjakan semua program yang diinstruksikan.

Ini merupakan kali kedua Iran menciptakan robot humanoid. Sebelumnya pada 2008, para ilmuwan Iran menciptakan robot humanoid pertama yang diberi nama Soorena 1.

Robot tersebut mampu menyusuri jalan yang telah ditentukan oleh sistem path-finder yang sensitif dan mampu membaca teks. source
Quote:


TEHERAN - Iran mengembangkan robot yang mampu bergerak dan melakukan aktivitas laiknya manusia. Robot bernama Soorena II itu memiliki tinggi sekira 1,45 meter dan berat 45 kilogram.

Seorang Sumber di Pemerintahan Iran, seperti dilansir News.com, Senin (5/7/2010) mengungkapkan pengembangan robot tersebut telah diketahui dan bahkan peluncurannya dilakukan oleh Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.

Soorena II yang diambil dari nama seorang prajurit Persia kuno akan digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan sensitif. "Robot ini mampu berjalan perlahan-lahan seperti manusia dengan tangan biasa dan gerakan kaki yang lentur,''kata sumber tersebut.

Kendati demikian sumber tersebut enggan untuk merinci kemampuan robot tersebut lebih lanjut.

Iran diketahui telah melakukan sejumlah proyek ilmiah dalam beberapa tahun terakhir. Diantara proyek ilmiah tersebut diantaranta adalah teknologi kloning, penelitian sel induk dan teknologi.

Semua aktivitas pengembangan sains dan robotika yang dikembangkan Iran dilakukan di bawah tekanan internasional akibat pengembangan teknologi nuklir yang dituduhkan Amerika Serikat.
source

----------------------------------------------------------



Liputan6.com, Teheran: Para pejabat Iran meluncurkan sebuah robot berbentuk manusia yang dapat berjalan seperti manusia, walaupun gerakannya lebih lambat. Robot yang dinamakan Surena 2 ini memiliki berat sekitar 49,5 kilogram dan memiliki tinggi 145 sentimeter. Robot ini dikembangkan oleh lebih dari 20 ahli robot di Universitas Teheran.

Seperti dilansir televisi pemerintah Iran, ahli robot saat ini masih mengembangkan visi dan kemampuan suara untuk robot. Namun masih belum dirinci suara yang akan dimiliki robot tersebut. Tak dijelaskan pula tugas Surena 2 ataupun kemampuan yang akan dikembangkan.

Peluncuran robot yang berlangsung di Teheran, Sabtu (3/7), dihadiri Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa negaranya sering mencoba untuk menampilkan prestasi teknologi. Terutama, dalam mendorong munculnya teknologi baru untuk menjadikan Iran sebagai kekuatan regional.
source
hebat juga yah di tengah pressure dunia barat,mereka masih bisa berkembang mengembangkan teknologinya,semoga tetap di gunakan untuk kemakmuran manusia

Quote:
robot humanoid surena-2 (Soorena-2) adalah kelanjutan dari prototype surena-1 (soorena-1) yang di luncurkan akhir tahun 2008,yang di rancang oleh para ilmuwan teheran university.
ini adalah link video pertunjukan robot surena-1 (soorena-1) yang di publish tahun 2008. maaf tidak bisa menampilkan langsung karena bukan dari yutub
Link Video Robot Soorena-1

soorena memang mirip dengan asimo :
SOORENA



ASIMO
Spoiler for asimo:


sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4605903

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post