Senin, 05 Juli 2010

Sopir Ugal-ugalan Tambah Kemacetan Puncak

Sopir Ugal-ugalan Tambah Kemacetan Puncak

Kemacetan yang terjadi di jalur Puncak (VIVAnews/Ayatullah Humaini)

VIVAnews – Selain karena tingginya arus kendaraan yang beredar secara bersamaan, kemacetan parah yang terjadi siang hari ini di sepanjang Jalan Raya Puncak, Bogor, juga terjadi karena pengemudi yang ugal-ugalan.

“Karena tidak disiplinnya pengemudi kendaraan roda empat dan roda dua dari arah Puncak menuju Jakarta,” kata Kepala Baur Operasional (KBO) Lalu Lantas Polres Bogor, Inspektur Satu, Zainul Arifin, Senin 5 Juli 2010.

Menurut Zainul banyak kendaraan dari arah Cianjur yang terjebak macet, lalu memaksa menerobos jalur kanan. Akibatnya, terkuncilah arus lalu lintas.

Dampaknya parah. Kemacetan terjadi sampai beberapa kilometer. Tidak hanya terjadi pada arah Cianjur ke Jakarta, jalur sebaliknya, Jakarta ke Puncak, juga macet parah.

Zainul tidak memungkiri penyebab kamacetan lain adalah karena infrastruktur jalan tidak lagi mampu melayani banyaknya jumlah kendaraan yang lewat di jalur itu, khususnya waktu libur seperti saat ini.

Untuk menangani masalah ini, Polres Bogor menurunkan 170 anggota. Mereka ditempatkan di titik-titik jalan yang rawan macet.

Kemacetan ini dikeluhkan Ridwan, warga Bekasi yang menjadi salah satu pengunjung kawasan Puncak. “Puncak sudah jadi jalur nasional karena sering dikunjungi wisatawan, jadi ini harus diperhatikan betul. Masa macet terus,” katanya, kesal.

Dia usul agar di kawasan Puncak disediakan tempat penyeberangan jalan dan area parkir kendaraan khusus. Sehingga wisatawan mudah menyeberang jalan sekaligus tidak mengganggu arus kendaraan. Tempat parkir khusus juga membuat kendaraan tidak lagi parkir sembarangan di sisi jalan, yang kerap menjadi sumber utama kemacetan. (Laporan: Ayatullah Humaeni, Bogor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post