Senin, 05 Juli 2010

Pasukan AS Bantu Rehabilitasi Puskesmas

Pasukan AS Bantu Rehabilitasi Puskesmas

TERNATE, KOMPAS.com — Sejumlah personel tentara Angkatan Laut (AL) AS membantu merehabilitasi dua puskesmas di Maluku Utara (Malut) sebagai bagian dari kegiatan dalam rangka kunjungan kapal AL Amerika Serikat USNS Mercy di Malut pada pertengahan Juli ini.

Penanggung jawab kegiatan rehabilitasi puskesmas tersebut, Jason McWaters, di Ternate, Senin (5/7/2010), menjelaskan, ada dua puskesmas di Malut yang mereka rehabilitasi, yakni Puskesmas Kalumpang di Kota Ternate dan Puskesmas Daruba di Kabupaten Pulau Morotai.

Rehabilitasi pada kedua puskesmas tersebut melibatkan sebanyak 33 personel tentara AL Amerika Serikat. Semua biaya untuk rehabilitasi itu juga berasal dari tentara AL.

Menurut Jason, puskesmas yang direhabilitasi ditentukan oleh pihak pemerintah daerah setempat. Tentara AL hanya menyiapkan tenaga dan bahan bangunan.

Puskesmas yang direhabilitasi tersebut nantinya akan digunakan untuk pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat setempat saat datangnya kapal USNS Mercy pada pertengahan Juli.

"Kami akan upayakan sebelum kapal USNS Mercy tiba di Malut, rehabilitasi kedua puskesmas tersebut sudah rampung 100 persen," ujar Jason.

Kegiatan seperti itu juga dilakukan oleh tentara AL Amerika Serikat di sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara, seperti di Vietnam dan Kamboja.

Kadis Kesehatan Kota Ternate dr Chairunisa Amal menyambut positif kegiatan rehabilitasi Puskesmas Kalumpang yang dilakukan oleh tentara AL Amerika Serikat tersebut karena kondisi puskesmas itu memang sudah agak rusak.

Ratusan warga di Kota Ternate telah mendaftar di sejumlah puskesmas setempat untuk mendapat pengobatan gratis saat datangnya kapal USNS Mercy. Masyarakat yang mendaftar itu umumnya dari kalangan tidak mampu.

Sumber: KOMPAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post