Senin, 05 Juli 2010

Pakar Nuklir Iran Diculik CIA

Pakar Nuklir Iran Diculik CIA

Shahram  Amiri (*cnn/file)
Shahram Amiri (*cnn/file)


Jakarta, matanews.com – Iran menyerahkan kepada kedutaan besar Swiss bukti bahwa pakar nuklirnya, Shahram Amiri, diculik agen-agen intelijen Amerika Serikat.

“Bukti menyangkut penculikan Shahram Amiri oleh CIA (Badan Intelijen Pusat AS) telah diserahkan kepada kedutaan besar Swiss di Teheran”, kata juru bicara kementerian luar negeri Iran, Ramin Mehmanaparast, seperti dikutip laman Internet berbahasa Inggris Press TV, Minggu.

Kedutaan besar Swiss mengurus kepentingan-kepentingan AS di Iran karena Washington dan Teheran tidak memiliki hubungan diplomatik. “Kami mengharapkan berdasarkan kewajiban-kewajiban pemerintah AS, pihak berwenang AS akan mengumumkan hasil-hasil penyelidikan mereka menyangkut warga negara Iran ini,” kata Mehmanaparast.

Para pejabat Iran telah lama menyatakan bahwa Amiri diculik oleh agen-agen AS dari Arab Saudi tahun lalu.
Pada 29 Juni, televisi Iran menayangkan satu rekaman video seorang pria yang mengaku bernama Amiri dan mengatakan ia berhasil melarikan diri dari kekuasaan agen-agen intelijen AS di Virginia.

“Saya mungkin ditahan kembali setiap saat oleh agen-agen AS. Saya tidak bebas dan saya tidak diizinkan menghubungi keluarga saya. Jika terjadi sesuatu dan saya tidak pulang dengan selamat ke rumah, pemerintah AS harus bertanggung jawab atas hal itu,” katanya. (*an/ham)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post