Senin, 05 Juli 2010

Nigeria Pecat Presiden Federasi Sepakbola Nasional

Nigeria Pecat Presiden Federasi Sepakbola Nasional


Timnas Nigeria di ajang Piala Dunia 2010 / Foto: Daylife

Situasi timnas sepakbola Nigeria semakin rumit. Kini Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) telah memecat presiden Sani Lulu dan wakilnya Amanze Ugbulam sebagai upaya agar Presiden Goodluck Jonathan mau mencabut larangannya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Jonathan memberikan larangan bagi Timnas Nigeria mengikuti kompetisi intrenasional selama dua tahun mendatang. Hal ini terkait performa buruk tim selama ajang Piala Dunia 2010.

Jelas ini melanggar aturan FIFA yang tidak mengizinkan campur tangan pemerintah dalam urusan sepakbola nasional. FIFA menegaskan, jika larangan itu segera tidak dicabut, Nigeria akan mendapatkan sanksi lebih berat termasuk larangan keikutsertaan klub lokal dan wasit di ajang internasional. Belum lagi penghentian segala bantuan keuangan untuk sepakbola nasional.

FIFA memberikan batas waktu bagi Nigeria untuk mencabut larangan tersebut hingga hari ini, waktu setempat.

Demi menghindari sanksi FIFA, NFF akhirnya mengambil keputusan berat. Seperti dikutip Reuters, Senin (5/7/2010), NFF menyatakan bahwa pemecatan dua petingginya itu merupakan “permintaan maaf kepada semua warga Nigeria” sekaligus langkah awal untuk “memperbaiki sistem sepakbola nasional Nigeria.”

Sementara, pihak DPR (Dewan Perwaiklan Rakyat) juga turut mendesak presiden agar mencabut larangannya. Anggota eksekutif FIFA dan mantan Perdana Menteri Nigeria Dr Amos Adamu akan tiba di Nigeria hari ini (waktu setempat) guna melakukan upaya terakhir mediasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post