Senin, 05 Juli 2010

AS: Perang Afghanistan Kritis

AS: Perang Afghanistan Kritis

David  Petraeus (*tag/file)
David Petraeus (*tag/file)


Jakarta, matanews.com – Perang sembilan tahun di Afghanistan mencapai tahap kritis, kata Jendral AS David Petraeus, Minggu, ketika ia secara resmi mengambil alih komando pasukan pimpinan NATO yang berkekuatan 150.000 personel yang memerangi gerilyawan Taliban.

“Kita terlibat dalam perang yang berat. Setelah bertahun-tahun perang kita tiba pada satu saat yang kritis,” kata Petraeus pada para tamu dalam acara penggantian komando di markas besar Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) di Kabul.

Petraeus, pekan lalu, diangkat menjadi pemimpin seluruh pasukan asing di Afghanistan setelah orang yang digantikannya Jendral Stanley McChrystal dipecat karena pernyataan-pernyataan yang dibuatnya tentang pemerintah AS dalam wawancara dengan sebuah majalah.

Penggantian pemimpin pasukan internasional itu terjadi saat Taliban berada dalam kekuatan paling besar sejak digulingkan dari pemerintah di Kabul tahun 2001, dengan korban di pihak ISAF meningkat setiap hari.

Petraeus yang mengenakan seragam militer mengatakan pengangkatannya merupakan satu perubahan dalam komando tetapi bukan strategi.

Petraeus tiba di Kabul, Jumat setelah pengangkatannya dikukuhkan Senat AS dan Dewan Perwakilan Rakyat AS menyetujui dana 33 miliar dolar untuk penambahan pasukan yang ia harapkan akan mengubah keadaan perang itu. (*an/ham)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post